Senin, 15 Juni 2015

contoh daftar pustaka dan kutipan



Nama                           : Lina Mutiah
NIM                            : 1400002048
Semester/Kelas            : II/ A

Daftar Pustaka
Wiriani, Ni Putu dan Wieka Dyah Partasari. 2008. “Gambaran Stres dan Coping Pada Anak Yang Memiliki Saudara Kandung Penderita Autisme”. Manasa. II(2):181—194.

Kutipan langsung kurang dari empat baris
Wiriani dan Wieka (2008:183) menyatakan “Stres pada anak merupakan reaksi/respon terhadap situasi/stimulus yang dianggap (appraised) sebagai sesuatu yang berbahaya, menakutkan, atau menantang oleh seseorang”.

Kutipan langsung lebih dari empat baris
Compas, Phares, dan Ledoux (dalam Wiriani dan Wieka, 2008:183) menjelaskan bahwa:
       “Jenis stressor yang paling berpengaruh saat anak berusia 0—14 tahun adalah stressor keluarga. Dilihat dari jenis stressor-nya, tampak bahwa memiliki saudara kandung yang autistik bagi bagi seorang anak merupakan sebuah stressor keluarga. Dengan demikian, kehadiran anak autistik dapat dikatakan sebagai stressor yang berpengaruh besar bagi anak usia 0 samapi 14 tahun.”

Kutipan tidak langsung
Siegel dan Silverstein (dalam Wiriani dan Wieka, 2008:183-184) mengemukakan bahwa coping pada saudara kandung anak austik dapat dibagi menjadi empat kelompok anak:
1.      Parentified Child, yaitu anak mengambil peran orang tuanya sebagai pengasuh dari saudaranya yang autistik.
2.      Whithdrawn Child, yaitu perilaku anak menjauhkan dirinya dari kegiatan lingkungan keluargannya yang membuatnya stres.
3.      Acting-Out  Child, yaitu anak yang menunjukan emosi negatifnya, baik secara langsung maupun tidak langsung.
4.      Superachieving Child, yaitu anak menunjukan kepada keluarganya bahwa ia berbeda dengan saudaranya yang terkena autistik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar