Senin, 15 Juni 2015

contoh essay dari lirik lagu Indonesia Raya



Cakrawala, Indonesia-ku

Indonesia adalah sebuah negara yang berada di kawasan Asia Tenggara yang terdiri dari daratan dan perairan. Berdasarkan letak astronomis letak Indonesia antara 60 LU – 110 LS dan antara 950 BT – 1410 BT. Indonesia merupakan negara dimana kita hidup sampai mati, bahkan untuk membelanya dari penjajah kita samapi rela mempertaruhkan nyawa. Tempat tinggal kita untuk sekolah, bekerja, dan  melakukan segala aktivitas sehari-hari. Temapat generasi penerus bangsa untuk menjadi pemimpin yang bisa memimpin negera Indonesia.    
            Indonesia merupakan negara yang berdaulat, dan  berbangsa yang terdiri dari berbagai suku, adat, budaya, bahasa, dan agama. Indonesia harus berseru  tidak hanya mengeluarkan kata-kata saja, tetapi diiringi dengan suatu perbuatan yang bisa menjadikan Indonesia bersatu. Sesuai  dengan semoyan kita yaitu Bhineka Tunggal Ika yang meskipun berbeda-beda tetap satu juga. Bersatu bukan hanya berarti dipersatukan oleh Negara, tetapi  bersatu sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yang ada dalam UUD 1945 dan Pancasila.
Seluruh rakyat Indonesia tetap menunjukkan eksistensinya untuk itu dibutuhkan anak-anak bangsa yang mempunyai semangat. Ketika Indonesia ingin melaksanakan pembangunan politik, ekonomi, sosial, dan lain-lain. Seharusnya, terlebih dahulu dilakukan pembangunan jiwa rakyat, dan pemimpin Indonesia berdasarkan nilai-nilai moral spiritual yang bersifat ilmiah, dan universal. Semua yang dilakukan untuk Indonesia.  Harapan dan cita-cita bangsa Indonesia agar bisa merdeka seutuhnya. Kita sebagai generasi penerus bangsa dan mengaku warga negara Indonesia seharusnya mencintai negri ini. Menghidupkan atau menunjukkan eksistensi Indonesia baik di dalam Indonesia sendiri maupun di dunia internasional.
Pesan moral: Semoga dari essay ini dapat bermanfaat dan lebih menambah  rasa cinta tanah air. Dan kita sebagai penerus bangsa mempunyai tanggung jawab memperjuangkan, dan mempertahankan kesatuan RI supaya tetap utuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar